Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal (Esai) Perbandingan Administrasi Negara Lengkap Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Perbandingan Administrasi Negara

1. Tujuan dari dipelajarinya ilmu perbandingan administrasi negara?

Jawaban:
Kengunaaan Mempelajari Perbandingan Administrasi Negara Mempelajari perbandingan administrasi negara berguna untuk hal berikut:
1. Mencari perbedaan-perbedaan yang terdapat dalam adminstrasi negera masing-masing;
2. Mencari dan menemukan sistem administrasi negara yang paling efektif dalam mencapai tujuan bernegara


2. Apa yang dimaksud dengan perbandingan administrasi negara?

Jawaban:
Perbandingan administrasi negara adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji sistem pelayanan negara dan penyelenggaraan negara dengan pendekatan perbandingan. Perbadingan ini bertujuan membandingkan pola-pola administrasi dari berbagai sudut pandang.


3. Jelaskan perkembangan studi perbandingan dalam Ilmu Administrasi Negara berdasarkan Tinjauan dari sudut Perkembangan Ilmu Administrasi Negara!

Jawaban:
Tinjauan dengan menggunakan paradigma dalam ilmu administrasi negara seperti yang dikemukakan oleh Nicholas Henry dapat dipakai untuk melihat latar belakang dari lahirnya studi perbandingan administrasi negara. Henry menegaskan bahwa perkembangan administrasi negara semenjak lahirnya pada tahun 1886, telah melalui beberapa paradigma yaitu Paradigma Dikotomi Politik Administrasi, Paradigma Prinsip Prinsip Administrasi yang dilanjutkan dengan situasi tidak menentu yang dikenal dengan Masa Tantangan/Krisis Identitas. Dampak dari situasi ini adalah lahirnya dua paradigma berikutnya yang muncul dalam waktu yang hampir bersamaan, yaitu Paradigma Administrasi Negara sebagai bagian Ilmu Politik, dan Paradigma Administrasi Negara sebagai bagian Ilmu Administrasi. Perkembangan selanjutnya diikuti dengan yang terakhir Paradigma  Administrasi Negara Baru.


4. Apa perbedaan antara administrasi negara pusat dan administrasi negara daerah?

Jawaban: 
Administrasi negara pusat berkaitan dengan pengelolaan pemerintahan di tingkat nasional, sedangkan administrasi negara daerah berfokus pada pengelolaan pemerintahan di tingkat regional atau lokal.


5. Jelaskan perbedaan antara sistem administrasi negara presidensial dan parlementer!

Jawaban: 
Sistem administrasi negara presidensial memiliki pemisahan kekuasaan antara eksekutif dan legislatif, sementara sistem administrasi negara parlementer memiliki hubungan erat antara eksekutif dan legislatif.


6. Apa peran administrasi negara dalam menjaga stabilitas politik suatu negara?

Jawaban: 
Administrasi negara bertanggung jawab dalam menjaga stabilitas politik melalui pelaksanaan kebijakan publik, penegakan hukum, dan pengaturan proses demokrasi.


7. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara di negara dengan ekonomi terbuka dan ekonomi tertutup.

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan ekonomi terbuka memberikan akses lebih besar kepada pasar global, sedangkan administrasi negara di negara dengan ekonomi tertutup lebih melindungi pasar dalam negeri.


8. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara dengan sistem politik demokrasi liberal dan sistem politik demokrasi sosial?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan sistem politik demokrasi liberal lebih mementingkan kebebasan individu dan pasar bebas, sedangkan administrasi negara di negara dengan sistem politik demokrasi sosial lebih mementingkan kesejahteraan sosial dan peran pemerintah dalam ekonomi.


9. Bagaimana perbandingan antara administrasi negara di negara dengan tingkat kebebasan pers tinggi dan tingkat kebebasan pers rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat kebebasan pers tinggi cenderung lebih transparan dan akuntabel, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat kebebasan pers rendah mungkin terbatas dalam menghadapi kritik dan kontrol publik.


10. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat partisipasi politik tinggi dan tingkat partisipasi politik rendah.

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat partisipasi politik tinggi melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam pengambilan keputusan politik, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat partisipasi politik rendah mungkin kurang melibatkan partisipasi masyarakat dalam proses politik.


11. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat perkembangan teknologi tinggi dan tingkat perkembangan teknologi rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat perkembangan teknologi tinggi dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi administrasi, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat perkembangan teknologi rendah mungkin menghadapi keterbatasan dalam penerapan teknologi.


12. Bagaimana perbandingan antara administrasi negara di negara dengan tingkat akses informasi tinggi dan tingkat akses informasi rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat akses informasi tinggi cenderung lebih transparan dan memfasilitasi partisipasi publik, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat akses informasi rendah mungkin lebih terbatas dalam hal keterbukaan dan akuntabilitas.