Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal (Esai) Fotosintesis Lengkap Jawaban

Soal (Essay) Fotosintesis

1. Jelaskan konsep "gaya hidup hijau" dan bagaimana hal itu terkait dengan fotosintesis.

Jawaban: 
Konsep "gaya hidup hijau" mengacu pada praktik-praktik yang bertujuan untuk mengurangi jejak karbon individu, seperti menggunakan energi terbarukan dan mengurangi konsumsi daging, sehingga mendukung fotosintesis dalam mengurangi kadar karbon dioksida di atmosfer.


2. Apa yang terjadi pada tumbuhan selama fotosintesis pada malam hari?

Jawaban: 
Selama fotosintesis pada malam hari, tumbuhan tidak menghasilkan glukosa karena tidak ada energi cahaya matahari yang tersedia, tetapi mereka masih melakukan proses respirasi untuk memperoleh energi.


3. Mengapa fotosintesis pada tanaman air berbeda dengan tanaman darat?

Jawaban: 
Tanaman air memiliki akses yang lebih terbatas terhadap karbon dioksida daripada tanaman darat karena larutannya yang kurang jenuh, sehingga fotosintesis mereka mungkin terhambat oleh ketersediaan karbon dioksida.


4. Apa yang dimaksud dengan fenomena "pemadaman cahaya" dalam fotosintesis?

Jawaban: 
Pemadaman cahaya terjadi ketika tanaman tidak memiliki akses yang cukup ke cahaya matahari, yang dapat menghambat fotosintesis dan pertumbuhan mereka.


5. Bagaimana keberadaan pigmen fotosintetik selain klorofil mempengaruhi fotosintesis?

Jawaban: 
Pigmen fotosintetik selain klorofil, seperti karotenoid, dapat membantu menangkap energi cahaya pada panjang gelombang yang berbeda dan melindungi tumbuhan dari kerusakan oleh radiasi UV.


6. Apa hubungan antara fotosintesis dan pembentukan ozon di stratosfer?

Jawaban: 
Fotosintesis menghasilkan oksigen yang membentuk ozon di stratosfer, yang membantu melindungi Bumi dari radiasi ultraviolet berbahaya.


7. Jelaskan proses pengikatan karbon dioksida pada tumbuhan C4 dan CAM.

Jawaban: 
Tumbuhan C4 dan CAM menggunakan mekanisme tambahan untuk mengikat karbon dioksida dalam kondisi yang penuh dengan oksigen atau panas yang tinggi, sehingga meningkatkan efisiensi fotosintesis mereka.


8. Apa dampak deforestasi terhadap proses fotosintesis?

Jawaban: 
Deforestasi mengurangi jumlah tumbuhan yang melakukan fotosintesis, sehingga mengurangi kapasitas tumbuhan untuk menyerap karbon dioksida dari atmosfer dan menghasilkan oksigen.


9. Bagaimana fotosintesis berkaitan dengan konsep energi dalam ekosistem?

Jawaban: 
Fotosintesis adalah proses yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia yang tersimpan dalam glukosa, yang kemudian digunakan oleh organisme konsumen dalam rantai makanan ekosistem.


10. Apa peran faktor abiotik seperti air dan nutrisi dalam fotosintesis?

Jawaban: 
Air dan nutrisi penting dalam fotosintesis karena merupakan komponen penting dalam pembentukan molekul organik seperti glukosa.


11. Mengapa daun tumbuhan terutama di bagian atas lebih hijau daripada bagian bawahnya?

Jawaban: 
Daun bagian atas lebih hijau karena mendapat paparan cahaya matahari yang lebih banyak, yang diperlukan untuk fotosintesis, sedangkan daun bagian bawah cenderung lebih gelap karena kurangnya cahaya yang tersedia.


12. Jelaskan bagaimana fotosintesis terkait dengan konsep keseimbangan karbon dioksida dan oksigen di atmosfer.

Jawaban: 
Fotosintesis mengurangi kadar karbon dioksida di atmosfer dan meningkatkan kadar oksigen, sehingga berkontribusi pada keseimbangan karbon dioksida dan oksigen di atmosfer.