Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal (Esai) Perkembangbiakan Makhluk Hidup Lengkap Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Perkembangbiakan Makhluk Hidup

1. Bagaimana perkembangbiakan pada hewan invertebrata seperti cacing pipih? Jelaskan prosesnya.

Jawaban: 
Hewan cacing pipih mengalami reproduksi seksual dengan menghasilkan telur. Telur ini dilepaskan ke lingkungan dan kemudian menetas menjadi larva yang mirip cacing pipih dewasa. Larva kemudian tumbuh dan berkembang menjadi cacing pipih dewasa.


2. Apa yang dimaksud dengan partenogenesis? Berikan contoh makhluk hidup yang mengalami partenogenesis.

Jawaban: 
Partenogenesis adalah jenis reproduksi aseksual di mana telur yang tidak dibuahi berkembang menjadi individu baru. Contoh makhluk yang mengalami partenogenesis adalah semut betina dalam beberapa spesies semut.


3. Jelaskan perbedaan antara reproduksi internal dan eksternal pada hewan.

Jawaban: 
Reproduksi internal terjadi ketika fertilisasi terjadi di dalam tubuh betina, sedangkan reproduksi eksternal terjadi ketika fertilisasi terjadi di lingkungan eksternal, biasanya setelah pelepasan telur dan sperma.


4. Bagaimana proses perkembangbiakan pada hewan vertebrata ovipar? Jelaskan tahapan dari pembuahan hingga penetasan.

Jawaban: 
Pada hewan vertebrata ovipar, betina menghasilkan telur yang dikeluarkan dari tubuh dan dibuahi oleh sperma jantan di lingkungan eksternal. Setelah pembuahan, embrio berkembang di dalam telur sampai saat penetasan.


5. Mengapa penting bagi tumbuhan dan hewan memiliki beragam strategi perkembangbiakan?

Jawaban: 
Beragam strategi perkembangbiakan memungkinkan makhluk hidup untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berubah dan mendiversifikasi keturunan mereka. Ini juga membantu mengurangi risiko punah jika satu strategi perkembangbiakan mengalami kesulitan.


6. Apa yang dimaksud dengan poliembroni? Berikan contoh makhluk hidup yang mengalami poliembroni.

Jawaban: 
Poliembroni adalah fenomena di mana satu telur menghasilkan beberapa individu baru. Contohnya adalah katak tertentu yang menghasilkan beberapa embrio dari satu telur.


7. Jelaskan bagaimana tumbuhan berbunga melakukan reproduksi seksual. Apa peran bunga dalam proses ini?

Jawaban: 
Tumbuhan berbunga melakukan reproduksi seksual melalui pembentukan sel telur di bagian bunga betina dan serbuk sari di bagian bunga jantan. Lebah atau angin membantu memindahkan serbuk sari dari bunga jantan ke bunga betina melalui proses polinasi. Bunga memiliki peran penting dalam menarik polinator dan memfasilitasi pertemuan antara gamet jantan dan betina.


8. Jelaskan peran meiosis dalam reproduksi seksual. Bagaimana meiosis berbeda dari mitosis?

Jawaban: 
Meiosis adalah proses pembelahan sel yang menghasilkan sel-sel reproduksi (sperma atau sel telur) dengan setengah jumlah kromosom normal. Ini penting untuk mempertahankan jumlah kromosom tetap pada generasi berikutnya dan menghasilkan variasi genetik melalui rekombinasi. Berbeda dengan mitosis, meiosis melibatkan dua tahap pembelahan yang menghasilkan empat sel anak unik.


9. Apa yang dimaksud dengan reproduksi parthenogenesis? Jelaskan bagaimana fenomena ini dapat terjadi pada beberapa spesies.

Jawaban: 
Reproduksi parthenogenesis adalah jenis reproduksi aseksual di mana telur yang tidak dibuahi berkembang menjadi individu baru. Ini terjadi pada beberapa spesies ketika kondisi lingkungan atau hormon memicu telur untuk mengalami pembelahan mitosis dan menghasilkan individu baru.


10. Bagaimana reproduksi berlangsung pada tumbuhan paku? Jelaskan tahapan dari perkecambahan spora hingga menjadi tumbuhan dewasa.

Jawaban: 
Pada tumbuhan paku, reproduksi melibatkan pembentukan spora di bagian punggung daunnya. Spora dilepaskan ke lingkungan dan jika mendapati kondisi yang cocok, akan tumbuh menjadi protalus atau gametofit yang menghasilkan gamet jantan dan betina. Fertilisasi terjadi dan menghasilkan embrio yang tumbuh menjadi tumbuhan dewasa paku.


11. Apa yang dimaksud dengan hermaproditisme? Berikan contoh makhluk hidup yang mengalami hermaproditisme.

Jawaban: 
Hermaproditisme adalah kondisi di mana satu individu memiliki organ reproduksi jantan dan betina. Contoh makhluk hidup yang mengalami hermaproditisme adalah cacing tanah.


12. Bagaimana proses perkembangbiakan pada hewan vertebrata vivipar? Jelaskan tahapan dari fertilisasi hingga kelahiran.

Jawaban: 
Pada hewan vertebrata vivipar, betina menghasilkan telur yang dibuahi oleh sperma jantan di dalam tubuhnya. Embrio berkembang di dalam tubuh betina dan ketika waktu kelahiran tiba, anak dikeluarkan melalui proses kelahiran.