Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal (Esai) Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Lengkap Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

1. Bagaimana keberadaan gulma dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman budidaya?

Jawaban:
Gulma dapat bersaing dengan tanaman budidaya untuk air, nutrisi, dan cahaya, sehingga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman budidaya.


2. Jelaskan peran auksin dalam pembentukan akar adventif pada stek.

Jawaban:
Auksin merangsang pembentukan akar adventif pada stek dengan mempromosikan pembelahan sel di daerah yang terkena auksin.


3. Apa yang dimaksud dengan transpirasi pada tumbuhan? Bagaimana hal ini berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan?

Jawaban:
Transpirasi adalah proses penguapan air melalui stomata pada daun tumbuhan. Hal ini membantu mempertahankan tekanan air dalam tumbuhan dan mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan.


4. Jelaskan bagaimana tumbuhan menggunakan fitohormon untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Jawaban:
Tumbuhan menggunakan fitohormon seperti auksin, giberelin, sitokinin, dan etilen untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan mereka dengan mengontrol pembelahan, pemanjangan, dormansi, berbunga, dan pembentukan akar.


5. Apa yang dimaksud dengan gravitropisme pada tumbuhan? Jelaskan mekanisme di balik gravitropisme positif pada akar dan gravitropisme negatif pada batang.

Jawaban:
Gravitropisme adalah respons tumbuhan terhadap gravitasi Bumi. Pada akar, gravitropisme positif menyebabkan akar tumbuh menuju arah gravitasi untuk mencapai kedalaman tanah yang lebih baik. Pada batang, gravitropisme negatif menyebabkan batang tumbuh menjauhi arah gravitasi untuk mencapai posisi yang lebih tegak.


6. Apa yang menyebabkan gerak niktinasti pada tumbuhan? Berikan contoh tumbuhan yang menunjukkan gerak niktinasti.

Jawaban:
Gerak niktinasti pada tumbuhan dipengaruhi oleh perubahan kondisi cahaya, seperti cahaya malam hari. Contoh tumbuhan yang menunjukkan gerak niktinasti adalah mimosa pudica (tanaman sensitif) yang menutup daunnya pada malam hari.


7. Jelaskan peran giberelin dalam proses berbunga pada tumbuhan.

Jawaban:
Giberelin berperan dalam merangsang pembungaan pada tumbuhan. Hormon ini mempengaruhi pertumbuhan batang yang memicu pembentukan bunga.


8. Bagaimana peran auksin dalam proses tropisme pada tumbuhan?

Jawaban:
Auksin berperan sebagai hormon pengatur dalam proses tropisme tumbuhan. Hormon ini mempengaruhi pertumbuhan seluler pada bagian-bagian tumbuhan yang bergerak sebagai tanggapan terhadap rangsangan lingkungan.


9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gerak terik pada tumbuhan kacang hijau.

Jawaban:
Gerak terik pada tumbuhan kacang hijau adalah gerakan keliling mengelilingi penyangga oleh tumbuhan ketika menjalar.


10. Apa yang dimaksud dengan higroskopis pada tumbuhan? Berikan contohnya.

Jawaban:
Higroskopis adalah kemampuan tumbuhan untuk menyerap dan melepaskan air sesuai dengan kelembaban lingkungan. Contohnya adalah biji kacang polong yang dapat menyerap dan melepaskan air saat kondisi lingkungan yang sesuai.


11. Bagaimana konsentrasi auksin mempengaruhi pertumbuhan akar dan batang tumbuhan? Jelaskan dengan contoh.

Jawaban:
Konsentrasi auksin yang rendah merangsang pertumbuhan akar, sementara konsentrasi yang tinggi merangsang pertumbuhan batang. Misalnya, jika lebih banyak auksin terkonsentrasi di puncak batang, batang akan tumbuh lebih tinggi.


12. Jelaskan bagaimana tumbuhan merespons perubahan cahaya untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangannya.

Jawaban:
Tumbuhan merespons perubahan cahaya dengan mengatur produksi hormon auksin dan giberelin yang membantu mengatur pertumbuhan dan perkembangan mereka. Misalnya, ketika tumbuhan menerima lebih banyak cahaya, itu dapat merangsang pertumbuhan batang dan pembentukan bunga.