Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal (Esai) Benua Amerika Lengkap Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Benua Amerika

1. Bagaimana peran suku Plains dalam sejarah Amerika?

Jawaban: 
Suku Plains adalah kelompok suku asli Amerika yang tinggal di Great Plains. Mereka dikenal sebagai pemburu bison dan memiliki budaya yang kaya, seperti "tipi" sebagai tempat tinggal mereka dan peralatan lain yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.


2. Jelaskan Perang Saudara Amerika dan dampaknya terhadap negara.

Jawaban: 
Perang Saudara Amerika (1861-1865) adalah konflik bersenjata antara negara bagian Selatan yang ingin mempertahankan praktik perbudakan dan negara bagian Utara yang menentangnya. Perang ini mengakibatkan perubahan signifikan dalam politik, ekonomi, dan masyarakat di Amerika Serikat serta akhir dari perbudakan.


3. Apa yang dimaksud dengan "Manhattan Project"?

Jawaban: 
"Manhattan Project" adalah proyek rahasia yang diluncurkan oleh Amerika Serikat selama Perang Dunia II untuk mengembangkan bom atom. Proyek ini akhirnya menghasilkan bom atom yang digunakan di Jepang dan membawa Perang Dunia II ke akhir.


4. Bagaimana pengaruh Christopher Columbus terhadap Amerika?

Jawaban: 
Christopher Columbus adalah penjelajah Eropa pertama yang mencapai benua Amerika pada tahun 1492. Kedatangannya membuka pintu bagi ekspansi Eropa ke Amerika dan memiliki dampak signifikan terhadap budaya, lingkungan, dan hubungan antara Eropa dan suku-suku asli Amerika.


5. Jelaskan arti penting Sungai Amazon bagi Amerika Selatan.

Jawaban: 
Sungai Amazon adalah sungai terpanjang di dunia dan memiliki peran penting dalam ekosistem dan ekonomi Amerika Selatan. Ini adalah jalan air utama yang mengalir melalui hutan hujan Amazon dan mendukung kehidupan ribuan spesies.


6. Apa yang dimaksud dengan "Dust Bowl"?

Jawaban: 
"Dust Bowl" adalah periode masa Depresi Besar di Amerika Serikat, di mana daerah-daerah pertanian di Great Plains mengalami kekeringan parah dan angin kencang, menyebabkan kerusakan tanah dan kehilangan tanaman.


7. Bagaimana Amerika Serikat memperoleh Alaska?

Jawaban: 
Amerika Serikat memperoleh Alaska dari Rusia melalui pembelian Alaska pada tahun 1867. Pembelian ini dikenal sebagai "Seward's Folly" namun kemudian terbukti sebagai investasi yang cerdas karena kaya akan sumber daya alam.


8. Jelaskan dampak "Manifest Destiny" terhadap perluasan Amerika.

Jawaban: 
"Manifest Destiny" adalah keyakinan bahwa Amerika Serikat ditakdirkan untuk memperluas wilayahnya dari pantai Atlantik ke Pasifik. Ini memotivasi ekspansi ke barat dan berkontribusi pada perluasan wilayah negara.


9. Bagaimana pengaruh "Harlem Renaissance" terhadap budaya Amerika?

Jawaban:
"Harlem Renaissance" adalah gerakan budaya yang berlangsung pada tahun 1920-an di kawasan Harlem, New York City, yang menyoroti karya seni, musik, sastra, dan pemikiran intelektual dari komunitas Afrika Amerika. Ini memainkan peran penting dalam pengembangan budaya Amerika dan menghadirkan suara-sua baru dalam seni.


10. Apa yang dimaksud dengan "Treaty of Tordesillas"?

Jawaban: 
"Treaty of Tordesillas" adalah perjanjian yang ditandatangani pada tahun 1494 antara Spanyol dan Portugal yang membagi dunia di luar Eropa menjadi dua wilayah pengaruh untuk eksplorasi dan penjajahan mereka.


11. Jelaskan dampak perdagangan budak di Amerika.

Jawaban: 
Perdagangan budak membawa jutaan orang Afrika ke Amerika untuk dipaksa bekerja sebagai budak. Ini memiliki dampak besar terhadap perkembangan ekonomi, budaya, dan sosial di Amerika, serta meninggalkan jejak traumatis pada sejarah bangsa.


12. Apa yang dimaksud dengan Zona Merah dan bagaimana dampaknya terhadap Amerika?

Jawaban: 
Zona Merah adalah daerah dengan kadar polusi udara yang tinggi, terutama di sekitar wilayah industri dan perkotaan. Dampaknya termasuk masalah kesehatan masyarakat, seperti penyakit pernapasan dan polusi lingkungan.