Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Soal (Esai) Hukum Pidana Lengkap Jawaban

Soal (Essay) Hukum Pidana

1. Apa yang dimaksud dengan "Hukum Pidana Formil"?

Jawaban: 
Hukum pidana formil adalah aturan prosedural yang mengatur proses peradilan pidana, termasuk proses penyelidikan, penuntutan, dan persidangan.


2. Bagaimana proses penyidikan dalam hukum pidana?

Jawaban: 
Proses penyidikan adalah tahap awal dalam proses peradilan pidana di mana pihak berwenang mengumpulkan bukti untuk menentukan apakah ada cukup bukti untuk menuduh seseorang melakukan tindak pidana.


3. Apa itu alibi dalam konteks hukum pidana?

Jawaban: 
Alibi adalah pembelaan yang digunakan oleh terdakwa yang menyatakan bahwa pada saat tindak pidana terjadi, mereka berada di tempat lain yang jauh dari tempat kejadian.


4. Apa peran jaksa penuntut umum dalam sistem peradilan pidana?

Jawaban: 
Jaksa penuntut umum bertanggung jawab untuk menyelidiki kasus-kasus pidana, menuntut pelaku kejahatan di pengadilan, dan memastikan bahwa keadilan dilakukan.


5. Apa yang dimaksud dengan "Asas Legalitas" dalam hukum pidana?

Jawaban: 
Asas legalitas adalah prinsip bahwa tidak ada tindakan pidana yang dapat dihukum kecuali telah diatur dalam undang-undang sebelumnya.


6. Bagaimana hukum pidana membedakan antara tindak pidana dan pelanggaran administratif?

Jawaban: 
Tindak pidana diatur oleh hukum pidana dan dapat mengakibatkan sanksi pidana seperti penjara, sementara pelanggaran administratif biasanya melibatkan pelanggaran peraturan pemerintah atau peraturan perusahaan dan dapat mengakibatkan sanksi administratif seperti denda atau pencabutan izin.


7. Apa yang dimaksud dengan "Pemidanaan Bersyarat"?

Jawaban: 
Pemidanaan bersyarat adalah ketika seorang terpidana diberikan kesempatan untuk menghindari menjalani seluruh masa hukuman di penjara dengan mematuhi syarat-syarat tertentu, seperti melaporkan diri ke pemasyarakatan secara teratur dan tidak terlibat dalam tindakan kriminal lainnya.


8. Bagaimana hukum pidana membedakan antara tindak pidana dan pelanggaran etika?

Jawaban: 
Tindak pidana diatur oleh hukum pidana dan dapat mengakibatkan sanksi pidana, sedangkan pelanggaran etika mungkin melibatkan pelanggaran norma atau kode etik dalam suatu profesi atau masyarakat tertentu, tetapi tidak selalu mengakibatkan sanksi pidana.


9. Apa yang dimaksud dengan "Pemidanaan Absolut"?

Jawaban: 
Pemidanaan absolut adalah ketika seorang terpidana dijatuhi hukuman penjara tanpa ada kemungkinan pembebasan bersyarat.


10. Apa peran hakim dalam sistem peradilan pidana?

Jawaban: 
Hakim bertugas untuk memastikan bahwa proses peradilan pidana berlangsung secara adil, memutuskan kesalahan atau tidaknya terdakwa, dan menjatuhkan hukuman yang sesuai jika terdakwa dinyatakan bersalah.


11. Apa yang dimaksud dengan "Prinsip Proporsionalitas" dalam hukum pidana?

Jawaban: 
Prinsip proporsionalitas adalah prinsip bahwa hukuman yang diberikan kepada seorang pelaku harus sebanding dengan kejahatan yang dilakukannya.


12. Apa itu "Penganiayaan" dalam konteks hukum pidana?

Jawaban: 
Penganiayaan adalah tindakan yang melukai atau menyakiti seseorang dengan sengaja dan dapat merupakan suatu tindak pidana.


13. Apa yang dimaksud dengan "Putusan Pidana"?

Jawaban: 
Putusan pidana adalah keputusan resmi dari pengadilan yang menetapkan kesalahan atau tidaknya terdakwa dan menjatuhkan hukuman jika terdakwa dinyatakan bersalah.


14. Apa yang dimaksud dengan "Pidana Pembuktian"?

Jawaban: 
Pidana pembuktian adalah sistem hukum di mana seseorang dianggap tidak bersalah sampai terbukti bersalah di pengadilan.


15. Bagaimana hukum pidana membedakan antara tindak pidana dan pelanggaran perdata?

Jawaban: 
Tindak pidana diatur oleh hukum pidana dan melibatkan pelanggaran hukum yang dapat mengakibatkan sanksi pidana, sementara pelanggaran perdata melibatkan pelanggaran kontrak atau hak-hak perdata yang dapat mengakibatkan sanksi perdata seperti ganti rugi.


16. Apa yang dimaksud dengan "Hukum Pidana Internasional"?

Jawaban: 
Hukum pidana internasional adalah aturan hukum yang mengatur tindakan kriminal yang melintasi batas negara dan dapat melibatkan kerjasama antarnegara untuk menegakkan hukum.


17. Apa yang dimaksud dengan "Tindak Pidana Korupsi"?

Jawaban: 
Tindak pidana korupsi adalah tindakan penyalahgunaan kekuasaan atau posisi untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau menguntungkan pihak lain secara ilegal.


18. Bagaimana pengertian "Teori Akibat Sosial" dalam hukum pidana?

Jawaban: 
Teori akibat sosial adalah teori yang menekankan bahwa tindakan pidana harus didefinisikan berdasarkan dampak sosialnya, bukan hanya karakteristik perbuatan itu sendiri.