Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal (Esai) Sumber Daya Alam Lengkap Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Sumber Daya Alam

1. Apa yang dimaksud dengan deforestasi? Sertakan efek negatif dari deforestasi.

Jawaban: 
Deforestasi adalah proses penebangan pohon secara besar-besaran di hutan atau lahan berhutan. Efek negatifnya termasuk erosi tanah yang lebih tinggi, kerusakan habitat bagi beragam makhluk hidup, perubahan iklim karena berkurangnya penyerapan karbon, dan meningkatnya risiko banjir.


2. Bagaimana pentingnya konservasi sumber daya alam? Berikan contoh upaya konservasi yang dapat dilakukan.

Jawaban: 
Konservasi sumber daya alam penting untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan memastikan bahwa sumber daya tersebut tetap tersedia untuk generasi masa depan. Contoh upaya konservasi meliputi pendirian taman nasional, program daur ulang, pengelolaan air yang bijaksana, dan promosi energi terbarukan.


3. Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca? Bagaimana efek rumah kaca terkait dengan sumber daya alam?

Jawaban: 
Efek rumah kaca adalah fenomena di mana gas-gas tertentu di atmosfer bumi menahan panas matahari, sehingga menyebabkan kenaikan suhu global. Hal ini berdampak pada sumber daya alam seperti pencairan es di kutub, perubahan pola cuaca yang dapat memengaruhi pertanian, dan peningkatan permukaan air laut yang dapat mengancam wilayah pesisir.


4. Mengapa penting untuk mengelola penggunaan air secara berkelanjutan? Berikan contoh dampak buruk jika pengelolaan air tidak efektif.

Jawaban: 
Pengelolaan air yang berkelanjutan penting untuk menjaga ketersediaan air bersih bagi kehidupan manusia dan ekosistem. Jika tidak efektif, dapat terjadi kelangkaan air, pencemaran air akibat limbah industri dan domestik, serta penurunan kualitas air tanah yang dapat mengancam kesehatan manusia dan keberlanjutan pertanian.


5. Apa peran hutan dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan sumber daya alam?

Jawaban: 
Hutan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan sumber daya alam. Mereka menyediakan habitat bagi beragam makhluk hidup, membantu menjaga siklus air, mengurangi erosi tanah, dan berfungsi sebagai penyimpan karbon yang membantu mengurangi efek rumah kaca.


6. Bagaimana dampak penurunan populasi satwa liar terhadap ekosistem dan manusia?

Jawaban: 
Penurunan populasi satwa liar dapat mengganggu keseimbangan ekosistem karena mereka memiliki peran dalam rantai makanan dan penyerbukan tanaman. Selain itu, ini dapat mengancam pariwisata alam dan mengurangi peluang penelitian ilmiah yang dapat memberikan wawasan tentang lingkungan alam.


7. Apa yang dimaksud dengan pemanfaatan berkelanjutan terhadap sumber daya alam? Berikan contoh praktik pemanfaatan berkelanjutan.

Jawaban: 
Pemanfaatan berkelanjutan sumber daya alam adalah cara penggunaan sumber daya yang mempertimbangkan kebutuhan generasi sekarang dan masa depan. Contohnya adalah penggunaan energi terbarukan seperti panel surya, pengelolaan hutan berkelanjutan, dan praktek pertanian organik yang menjaga kesuburan tanah.


8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan overfishing dan bagaimana dampaknya terhadap ekosistem laut?

Jawaban : 
Overfishing adalah praktik penangkapan ikan atau hewan laut lainnya dengan tingkat yang melebihi kemampuan populasi untuk berkembang biak. Dampaknya termasuk penurunan populasi ikan yang mengancam rantai makanan laut, kerusakan ekosistem, dan ancaman terhadap mata pencaharian nelayan.


9. Mengapa penting untuk menjaga keanekaragaman hayati? Berikan contoh kontribusi keanekaragaman hayati terhadap manusia.

Jawaban: 
Keanekaragaman hayati penting karena berkontribusi pada keseimbangan ekosistem, penyerbukan tanaman, penyediaan sumber daya pangan, obat-obatan, dan bahan alam lainnya. Contohnya, serangga seperti lebah berperan dalam penyerbukan tanaman, yang mendukung produksi buah-buahan dan sayuran.


10. Apa yang dimaksud dengan eksploitasi sumber daya alam yang berkelanjutan? Berikan contoh praktik eksploitasi yang berkelanjutan.

Jawaban: 
Eksploitasi sumber daya alam yang berkelanjutan adalah penggunaan sumber daya dengan memperhatikan keseimbangan antara pemanfaatan dan pelestariannya. Contohnya adalah pengelolaan hutan dengan menebang pohon sejalan dengan laju pertumbuhan alami, serta penggunaan energi surya atau angin untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.


11. Bagaimana perubahan iklim dapat memengaruhi ketersediaan sumber daya alam? Berikan contoh dampak perubahan iklim terhadap sumber daya alam.

Jawaban: 
Perubahan iklim dapat mempengaruhi ketersediaan air, keberlanjutan pertanian, dan distribusi hewan liar. Contohnya, peningkatan suhu global dapat menyebabkan pencairan es di kutub, yang dapat meningkatkan permukaan laut dan mengganggu habitat laut.


12. Apa yang dimaksud dengan daur ulang? Berikan contoh manfaat dari praktik daur ulang.

Jawaban: 
Daur ulang adalah proses mengubah bahan bekas menjadi produk baru atau bahan mentah yang dapat digunakan lagi. Contohnya, daur ulang kertas dapat mengurangi penebangan pohon dan menghemat energi yang diperlukan untuk produksi kertas baru.


13. Mengapa penting untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil? Berikan contoh alternatif energi yang dapat menggantikan bahan bakar fosil.

Jawaban: 
Pengurangan penggunaan bahan bakar fosil penting untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan dampak perubahan iklim. Alternatif energi termasuk energi surya, energi angin, energi hidro, dan energi nuklir.


14. Jelaskan bagaimana polusi udara dapat memengaruhi kualitas lingkungan dan sumber daya alam.

Jawaban: 
Polusi udara dapat mengotori udara dengan gas dan partikel berbahaya, yang dapat merusak ekosistem, merusak tanaman, dan mengancam kesehatan manusia. Polusi udara juga dapat mengendap ke tanah dan perairan, memengaruhi kualitas air dan tanah.


15. Apa yang dimaksud dengan penangkapan ikan berkelanjutan? Berikan contoh praktik penangkapan ikan berkelanjutan.

Jawaban: 
Penangkapan ikan berkelanjutan adalah penggunaan metode penangkapan yang mempertimbangkan laju pertumbuhan populasi ikan. Contohnya adalah kuota penangkapan ikan yang ditetapkan untuk mencegah penangkapan berlebihan dan memberi populasi ikan kesempatan untuk berkembang biak.


16. Apa yang dapat dilakukan oleh individu untuk berkontribusi dalam melestarikan sumber daya alam?

Jawaban: 
Individu dapat berkontribusi dengan mengurangi penggunaan air, menggunakan energi terbarukan, mendukung daur ulang, membeli produk ramah lingkungan, serta mendukung upaya konservasi seperti penanaman pohon dan partisipasi dalam kampanye lingkungan.