Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal (Esai) Sistem Periodik Unsur Lengkap Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Sistem Periodik Unsur

1. Jelaskan mengapa unsur-unsur dalam golongan alkali memiliki sifat yang serupa.

Jawaban:
Unsur-unsur dalam golongan alkali memiliki sifat yang serupa karena mereka memiliki satu elektron valensi dalam kulit terluar. Mereka cenderung kehilangan elektron ini untuk mencapai konfigurasi stabil, sehingga memiliki sifat kimia yang reaktif dan cenderung membentuk ion positif (kation).


2. Mengapa ukuran atom cenderung menurun saat kita bergerak dari kiri ke kanan dalam periode?

Jawaban:
Ukuran atom cenderung menurun saat kita bergerak dari kiri ke kanan dalam periode karena meskipun jumlah proton (nomor atom) bertambah, elektron tambahan hanya ditambahkan ke kulit terluar yang sama. Ini menyebabkan peningkatan gaya tarik antara proton inti dan elektron terluar, membuat ukuran atom menyusut.


3. Apakah energi ionisasi? Bagaimana tren energi ionisasi dalam periode dan golongan?

Jawaban:
Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk menghilangkan satu elektron dari atom netral. Tren energi ionisasi dalam periode cenderung meningkat karena ukuran atom menyusut dan gaya tarik antara inti dan elektron lebih kuat. Namun, dalam golongan, energi ionisasi cenderung menurun karena ukuran atom bertambah dan gaya tariknya lebih lemah.


4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan afinitas elektron.

Jawaban:
Afinitas elektron adalah energi yang dilepaskan atau diserap saat satu atom menambahkan satu elektron ke kulit terluarnya untuk membentuk ion negatif. Nilai afinitas elektron cenderung meningkat dari kiri ke kanan dalam periode dan dari atas ke bawah dalam golongan.


5. Mengapa logam alkali tanah lebih reaktif daripada logam alkali?

Jawaban:
Logam alkali tanah lebih reaktif daripada logam alkali karena mereka memiliki dua elektron valensi dalam kulit terluar, sehingga lebih mudah kehilangan dua elektron untuk membentuk ion positif. Logam alkali hanya memiliki satu elektron valensi dan perlu energi yang lebih tinggi untuk membentuk ion positif.


6. Jelaskan mengapa unsur-unsur gas mulia sangat tidak reaktif.

Jawaban:
Unsur-unsur gas mulia sangat tidak reaktif karena mereka memiliki konfigurasi elektron paling stabil, dengan kulit terluar penuh. Ini membuat mereka kurang cenderung untuk menerima atau mendonorkan elektron dalam reaksi kimia, sehingga jarang terlibat dalam ikatan kimia.


7. Apa yang dimaksud dengan elektroafinitas?

Jawaban:
Elektroafinitas adalah kecenderungan suatu atom untuk mendapatkan elektron dan membentuk ion negatif. Nilai elektroafinitas cenderung meningkat dari kiri ke kanan dalam periode dan dari atas ke bawah dalam golongan.


8. Jelaskan perbedaan antara sifat logam dan nonlogam berdasarkan lokasi mereka dalam tabel periodik.

Jawaban:
Logam cenderung berada di sebelah kiri tabel periodik dan memiliki sifat konduktivitas listrik yang baik, kilauan logam, dan kecenderungan membentuk ion positif. Nonlogam cenderung berada di sebelah kanan dan memiliki sifat isolator listrik, kecenderungan membentuk ion negatif, dan variasi dalam keadaan fisik seperti padat, cair, atau gas.


9. Mengapa golongan transisi sering kali memiliki sifat kimia dan fisika yang beragam?

Jawaban:
Golongan transisi memiliki kulit terluar yang beragam dalam konfigurasi elektron, menyebabkan variasi dalam afinitas elektron, energi ionisasi, dan kemampuan membentuk ikatan kimia. Ini menghasilkan sifat kimia dan fisika yang beragam pada unsur-unsur dalam golongan transisi.


10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan efek perisai dalam kaitannya dengan peningkatan ukuran atom.

Jawaban:
Efek perisai adalah efek dari kulit elektron dalam mengurangi tarikan positif inti terhadap elektron valensi. Hal ini menyebabkan ukuran atom cenderung bertambah saat kita bergerak ke bawah dalam golongan, karena adanya kulit elektron tambahan yang menghalangi tarikan inti.


11. Mengapa golongan halogen cenderung memiliki sifat reaktif yang tinggi?

Jawaban:
Golongan halogen memiliki tujuh elektron valensi dalam kulit terluar, sehingga mereka hanya membutuhkan satu elektron lagi untuk mencapai konfigurasi stabil dengan delapan elektron valensi. Oleh karena itu, mereka cenderung merebut satu elektron dari atom lain, membuat mereka sangat reaktif dalam membentuk ion negatif.


12. Jelaskan mengapa elektronegativitas cenderung meningkat dari kiri ke kanan dalam periode.

Jawaban:
Elektronegativitas adalah kecenderungan suatu atom untuk menarik elektron dalam ikatan kimia. Elektronegativitas cenderung meningkat dari kiri ke kanan dalam periode karena ukuran atom menyusut dan kecenderungan menarik elektron terluar lebih kuat.


13. Apa yang dimaksud dengan "keterulangan" sifat-sifat dalam Sistem Periodik Unsur?

Jawaban:
Keterulangan sifat-sifat dalam Sistem Periodik Unsur merujuk pada pola berulang dalam sifat-sifat kimia dan fisika unsur-unsur saat bergerak melintasi periode dan golongan. Ini disebabkan oleh pola periodik dalam konfigurasi elektron dan interaksi antara elektron dan inti atom.


14. Jelaskan mengapa golongan logam alkali memiliki sifat kimia yang serupa meskipun berbeda periode.

Jawaban:
Golongan logam alkali memiliki sifat kimia yang serupa karena mereka memiliki satu elektron valensi dalam kulit terluar, yang membuat mereka cenderung kehilangan satu elektron untuk mencapai konfigurasi stabil. Meskipun periode berbeda, jumlah elektron terluar yang sama menghasilkan sifat kimia yang serupa.


15. Mengapa unsur transisi sering digunakan sebagai katalis dalam reaksi kimia?

Jawaban:
Unsur transisi sering digunakan sebagai katalis dalam reaksi kimia karena kemampuan mereka untuk berubah antara berbagai bilangan oksidasi dan ikatan kimia. Ini memungkinkan mereka berinteraksi dengan reaktan dan produk dalam reaksi tanpa dikonsumsi, mempercepat reaksi kimia tanpa mengalami perubahan permanen.