Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal (Esai) Bola Voli Lengkap Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Bola Voli

1. Bagaimana cara melakukan teknik "dump" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
Teknik "dump" dilakukan oleh setter, di mana ia berpura-pura akan mengatur bola ke pemain lain namun malah memukul bola ke lapangan lawan dengan tangan terbuka secara tiba-tiba.


2. Apa yang dimaksud dengan "rotation" dalam bola voli?

Jawaban: 
"Rotation" adalah pergantian posisi pemain secara berurutan sesuai dengan jarum jam setelah tim berhasil memenangkan servis dari lawan.


3. Jelaskan peran libero dalam permainan bola voli.

Jawaban: 
Libero adalah pemain bertahan khusus yang memiliki izin untuk masuk dan keluar lapangan tanpa mempengaruhi rotasi tim. Perannya adalah mengoordinasikan pertahanan dan melakukan digging untuk mencegah bola jatuh di lapangan timnya.


4. Apa yang dimaksud dengan "carry" dalam bola voli?

Jawaban: 
"Carry" adalah pelanggaran di mana pemain menggunakan gerakan tangan yang tidak wajar atau memegang bola terlalu lama saat menerima atau memproses bola, sehingga melanggar aturan permainan.


5. Bagaimana cara melakukan teknik "quick set" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
"Quick set" adalah umpan cepat yang dilakukan oleh setter kepada pemain serang di dekat net. Setter meraih bola yang datang dari servis dan langsung mengumpankannya ke depan dengan cepat untuk pemain serang menyerang bola.


6. Apa yang dimaksud dengan "net violation" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
"Net violation" terjadi ketika pemain menyentuh atau melanggar net saat bermain, baik dalam situasi menyerang, blok, atau berdiri di bawah net.


7. Jelaskan strategi "double block" dalam permainan bola voli.

Jawaban: 
"Double block" adalah strategi di mana dua pemain berdiri berdampingan di depan net untuk mencegah bola lawan masuk ke lapangan mereka dengan menghalangi lintasan bola.


8. Apa yang dimaksud dengan "wipe" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
"Wipe" adalah istilah yang digunakan ketika pemain serang berhasil mengenai bola dengan kuat ke lengan atau tangan pemain lawan, sehingga bola melenceng ke luar lapangan.


9. Bagaimana cara melakukan teknik "floater serve" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
"Floater serve" adalah servis yang dilakukan dengan memukul bola dengan sedikit efek rotasi, sehingga bola bergerak secara tak terduga dan sulit diantisipasi oleh lawan.


10. Apa yang dimaksud dengan "roof" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
"Roof" adalah istilah yang digunakan ketika blok dari pemain berhasil menghentikan serangan pemain lawan dan bola langsung jatuh ke lapangan lawan.


11. Jelaskan teknik "dump shot" dalam permainan bola voli.

Jawaban: 
"Dump shot" adalah teknik yang dilakukan oleh setter dengan memukul bola dengan lembut di atas net untuk menghasilkan umpan yang tak terduga dan masuk ke lapangan lawan dengan cepat.


12. Apa yang dimaksud dengan "set" dalam bola voli?

Jawaban: 
"Set" adalah umpan yang dilakukan oleh setter kepada pemain serang di dekat net, memberikan kesempatan bagi pemain serang untuk melakukan serangan yang efektif.