Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal (Esai) Pancasila Lengkap Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Pancasila


1. Jelaskanlah proses perumusan Pancasila ? bagaimanakah perbedaan pandangan Muh. Yamin dengan Soekarno tentang Pancasila ?

Jawaban:
Perwujudan dari janji Jepang dibentuknya BPUPKI, melalui sidang pertamanya dalam membentuk dasar Negara (29 Mei 1945). Pendapat M. Y amin dan Soekarno berbeda pada urutan dasarnya saja tapi nilai yang dibawa dalam 5 dasar sama. Tapi yang mendekati dengan dasar negara yang disepakati adalah pendapat M. Y amin yang disampaikan secara lisan.


2. Bagaimanakah proses pengesahan Pancasila sbgai dasar Negara ?

Jawaban:
Setelah adanya perubahan pada Piagam Jakarta ke Pembukaan UUD 1945 yang didalamny terkandung dasar negara Pancasila, maka rumusan dasar negara Pancasila adalah sah dan benar karena disamping mempunyai kedudukan konstitusional, juga disahkan oleh suatu badan yang mewakili seluruh bangsa Indonesia (PPKI) yang berarti telah disepakati oleh seluruh bangsa Indonesia.


3. Apakah akibat dari pelaksanaan asas tunggal Pancasila ?

Jawaban:
Akibat dari pelaksanaan asas tunggal Pancasila yaitu lahirnya partai tunggal walaupun secara formal ada 3 partai, tetapi secara terselubung sebenarnya hanya ada satu.


4. Jelaskan apa yg dimaksudkan dengan revitalisasi Pancasila ?

Jawaban:
Revitalisasi Pancasila adalah pemberdayaan kembali kedudukan, fungsi dan peranan Pancasila sebagai dasa, pandangan hidup, ideologi dan sumber nilai-nilai bangsa Indonesia.


5. Jelaskan apa yang dimaksud Pancasila sebagai dasar (filsafat) Negara Indonesia!

Jawaban:
Pancasila sebagai dasar Negara yang dimaksud adalah sebagai dasar filsafat atau dasar falsafah Negara dari Negara Indonesia. Pancasila sebagai dasar filsafat oleh karena Pancasila merupakan rumusan filsafat atau dapat dikatakan nilai-nilai Pancasila adalah nilai-niali filsafat. Pancasila sebagai dasar (filsafat) Negara mengandung makna bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi dasar atau pedoman bagi penyelenggaraan bernegara. Konsekuensi dari rumusan demikian berarti seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah Negara Indonesia termasuk peraturan perundang-undangan merupakan pencerminan dari nilai-nilai Pancasila. Penyelenggaraan bernegara mengacu dan memilikitolak ukur yaitu tidak boleh menyimpang dari nilai-nilai Ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan.


6. Jelaskan mengapa ideologi Pancasila bukan merupakan ideologi campuran dari ideologi sosialisme maupun liberalisme!

Jawaban:
Ideologi Pancasila bukan merupakan ideologi campuran dari ideologi sosialisme maupun liberalisme Karena sosialisme sering dikatakan sebagai anti kapitalisme, yang tingkah laku masyarakaynya dikuasai oleh kepentingan untuk memperoleh keuntungan maksimal lewat persaingan bebas, sistem pasar, dan harga. Selain itu sosialisme masyarakatnya dapat memunculkan kelas kaya dan miskin, majikan dan buruh,yang tidak sesuai dengan sila-sila yang terdapat dalam Pancasila.


7. Jelaskanlah bagaimana nilai-nilai Pancasila sebagai wujud dari filosofis ?

Jawaban:
Nilai-nilai Pancasila sebagai wujud dari filosofis:
a. Cerminan dari Pembukaan UUD 1945.
b. Uraian terperinci dari Proklamasi.
c. Suatu kebulatan yg utuh dalam Pembukaan UUD 45.
d. Menjiwai setiap pasal pada UUD 45 yg merupakan pokok2 pikiran yg terkandung dalam Pembukaan UUD 45.
e. Pada setiap butir2 pancasila bersumber pada Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 45.


8. Apa definisi Pancasila?

Jawaban: 
Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia yang terdiri dari lima sila sebagai panduan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


9. Sebutkan lima sila Pancasila beserta artinya!

Jawaban:
a. Ketuhanan Yang Maha Esa (Believe in the One Supreme God)
b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (Just and Civilized Humanity)
c. Persatuan Indonesia (Indonesian Unity)
d. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan (Democracy led by the Wisdom of the People's Consultation/Representation)
e. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia (Social Justice for All Indonesian People)


10. Apa peran Ketuhanan Yang Maha Esa dalam Pancasila?

Jawaban: 
Peran Ketuhanan Yang Maha Esa adalah memberikan landasan spiritual dan moral bagi kehidupan berbangsa dan bernegara serta mengakui keberagaman agama di Indonesia.


11. Jelaskan konsep kemanusiaan yang adil dan beradab dalam Pancasila!

Jawaban: 
Konsep kemanusiaan yang adil dan beradab mengajarkan pentingnya menghormati hak asasi manusia, saling tolong menolong, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.


12. Bagaimana sila Persatuan Indonesia dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban: 
Sila Persatuan Indonesia dapat diwujudkan dengan saling menghargai perbedaan, menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika, dan bersatu dalam semangat kebangsaan.


13. Mengapa sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan penting dalam Pancasila?

Jawaban: 
Sila ini menekankan pentingnya partisipasi rakyat dalam proses pengambilan keputusan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebijaksanaan dalam mencapai kesepakatan bersama.


14. Bagaimana penerapan sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia di bidang pendidikan?

Jawaban: 
Penerapan sila Keadilan Sosial dalam pendidikan berarti memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mengakses pendidikan berkualitas tanpa diskriminasi.