Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal (Pilgan) Psikiatri Lengkap Jawaban

Soal Pilihan Ganda Psikiatri

1. Penilaian dan pengobatan dimulai dalam waktu 30 menit merupakan kategori ATS ke?
A. ATS 1
B. ATS 2
C. ATS 3
D. ATS 4

Jawaban:
C. ATS 3


2. Bahaya melukai diri sendiri atau orang lain persisten dan parah, tindakan bunuh diri yang serius merupakan kategori skala GAF dengan skor?
A. 21-30
B. 11-20
C. 11-25
D. 1-10

Jawaban:
D. 1-10


3. Seorang laki-laki 22 tahun dirasa mengganggu dan memalukan keluarganya. Riwayat tidak lulus ujian sehingga pasien kebut kebutan di kampung. Saat ujian remidi pasien tidak belajar dan membuat membeawa buku untuk mencontek namun tertangkap basah penguji dan langsung dinyatakan tidak lulus. Pasien lalu memaki-maki penguji karena pasien tidak merasa salah. Bagaimana kepribadian pada pasien ini ?
A. Skizotipal
B. Skizoid
C. Antisosial
D. Anankastik
E. Narsisistik

Jawaban:
C. Antisosial


4. Seorang laki-laki usia 30 tahun diantar istrinya ke poliklinik karena keluhan sulit tidur sejak 1 bulan terakhir. Pasien terus menerus mengeluh mendengar suara-suara dan bisikan. Ia juga tidak mau makan karena merasa ada yang meracuni makanannya. Apakah terapi farmako yang paling tepat diberikan pada pasien ini?
A. Klobazam 2x10 mg
B. Risperidon 2x2 mg
C. Haloperidol 1x5 mg
D. Amitriptilin 1x25 mg
E. Sertralin 2x50 mg

Jawaban:
C. Haloperidol 1x5 mg


5. Berikut adalah percakapan antara dokter dengan pasien
D: "Bapak semalam bisa tidur?"
P: "Banyak yang ganggu dok ............... Saya...........(diam).
Status psikiatri diatas adalah adalah...
A. Logorea
B. Rambling
C. Punning
D. Blocking
E. Neologisme

Jawaban:
D. Blocking


6. Seorang perempuan usia 25 tahun diantar ke UGD karena mengamuk akibat dilarang saat menjual baju-baju mahalnya dengan harga Rp 10.000,00. sejak 2 minggu terakhir pasien merasa begitu gembira dan banyak bicara. Akhir-akhir ini ia juga merasa bahwa ia dapat memanggil malaikat dan diutus untuk lebih banyak beramal. 1 tahun yang lalu pasien pernah dirawat di RSJ karena terus menerus mengurung diri dan melakukan percobaan bunuh diri. Apakah diagnosis pada pasien ini?
A. Skizoafektif tipe mania
B. Gangguan afektif bipolar episode kini mania dengan ciri psikosis
C. Gangguan afektif bipolar episode kini mania
D. Mania dengan ciri psikosis
E. Gangguan afektif bipolar episode kini campuran

Jawaban:
B. Gangguan afektif bipolar episode kini mania dengan ciri psikosis


7. Seorang anak laki-laki usia 5 tahun diantar ibunya ke poliklinik karena BAB tidak wajar. Anak sudah 3 hari tidak bisa BAB dan mengikuti toilet training therapy. Namun, anak malah berjinjit dan pergi ke pojokan ruangan untuk menyendiri, terkadang disertai usaha untuk mencongkel fesesnya keluar. Pada pemeriksaan rectal toucher teraba ampula recti, mukosa licin, tonus baik, sfingter animencengkram kuat, teraba feses dengan konsistensi keras. Apakah diagnosis pada anak tersebut?
A. Enterokolitis nekroticans
B. Enkoperesis pada anak
C. Fistula tanpa obstruksi rectum
D. Enuresis pada anak
E. Gangguan cemas menyeluruh

Jawaban:
B. Enkoperesis pada anak


8. Seorang anak usia 5 tahun tiba-tiba dikeluhkan marah-marah, bicara kotor, dan terlihat mengantuk. Sebelumnya ia baru saja megerjakan tugas prakarya dengan menggunakan lem. Bagaimanakah cara kerja zat psikoaktif dalam kasus ini?
A. Merangsang sistem saraf pusat
B. Merangsang sistem saraf simpatis
C. Merangsang sistem saraf parasimpatis
D. Menekan sistem saraf pusat
E. Menekan sistem saraf otonom

Jawaban:
D. Menekan sistem saraf pusat


9. Seorang perempuan usia 20 tahun dibawa ke UGD karena dikeluhkan gelisah dan mudah marah sejak 1 hari yang lalu. Sebelumnya pasien memang memiliki riwayat rutin mengkonsumsi obat-obatan untuk menambah semangat dan meningkatkan percaya diri. Pasien mengkonsumsi obat dalam jumlah yang lebih banyak daripada biasanya. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 140/100 mmHg, nadi 100 kali/menit, pernapasan 24 kali/menit, dan pupil midriasis. Apakah diagnosis pada pasien tersebut?
A. Intoksikasi kanabis
B. Intoksikasi heroin
C. Intoksikasi stimulan
D. Intoksikasi benzodiazepin
E. Intoksikasi lysergic acid diethalmide

Jawaban:
C. Intoksikasi stimulan


10. Seorang laki-laki usia 35 thn mengeluh seringkali bermimpi buruk terkait tsunami. Pasien mengatakan 2 tahun yang lalu, terjadi gempa dan disusul gelombang tsunami saat ia bersama keluarga nya liburan di pantai. Hanya pasien yang berhasil selamat karena berpegang pada kayu yang mengapung saat kejadian. Sampai sekarang pasien selalu menolak apabila ada yang mengajaknya pergi ke pantai maupun kolam renang. Diagnosis pada pasien ini adalah...
A. Reaksi stres akut
B. Gangguan penyesuaian
C. Gangguan stres paska trauma
D. Amnestik disosiatif
E. Fugue disosiatif

Jawaban:
C. Gangguan stres paska trauma